5 Tips Mengatur Gaji Rp 2 Juta Sebulan, Bisa Nabung, Investasi dan Nongkrong

techroki.com – Gaji cuma Rp 2 juta, tetapi ingin seluruh keperluan terpenuhi dan menabung?
Bisa, asalkan dapat mengatur keuangan dengan baik.

Tips Mengatur Gaji Rp 2 Juta Sebulan

Bagaimana cara mengelola keuangan dengan gaji Rp 2 juta? Berikut tipsnya yang bisa anda coba.

1. Pakai sistem 60/20/20

Platform mengatur keuangan 60/20/20 merupakan cara mengatur gaji Rp 2 juta yang ampuh. Ketika gaji diterima, langsung sisihkan disesuaikan kadar ini.

LIHAT JUGA

Tujuannya sehingga gajimu tidak terlanjur dipakai untuk hal-hal di luar keperluan. Pembagian persentasenya, 60% untuk keperluan sehari-hari, seperti beli bahan makanan, peralatan mandi, ongkos transportasi, bayar tagihan atau cicilan.

Sebesar 20% berasal dari gaji dialokasikan untuk tabungan atau investasi. Sedangkan 20% sisanya pengeluaran tambahan.

Supaya anda terbiasa, melaksanakan pelan-pelan tetapi disiplin di dalam menerapkannya. Kalaupun sebuah saat gajimu naik, anda telah terbiasa hidup dengan keuangan yang teratur.

2. Buat daftar pengeluaran lebih rinci

Daftar pengeluaran juga harus dibuat secara rinci sebagai panduan untuk mengatur keuangan. Ada dua macam jenis pengeluaran, yaitu pengeluaran tetap dan fleksibel.

Pengeluaran tetap, seperti biaya keperluan pokok (Makan dan minum), bayar sewa rumah dan tagihan listrik atau air, bayar cicilan utang, ongkos transportasi. Kala pengeluaran yang bersifat fleksibel, contohnya hiburan, belanja keinginan.

Contoh Mengatur Keuangan Rp 2 Juta Sebulan untuk Single

60% dari Rp 2 juta = Rp 1,2 juta

  • Makan dan minum Rp 600 ribu (Rp 20 ribu per hari x 30 hari)
  • Sewa rumah = Rp 300 ribu
  • Tagihan listrik dan air = Rp 100 ribu
  • Pulsa / internet = Rp 50 ribu
  • Ongkos transportasi = Rp 105 ribu (Rp 3.500 x 30 hari)
  • Cicilan utang = Rp 45 ribu.

20% dari Rp 2 juta = Rp 400 ribu

  • Tabungan = Rp 200 ribu
  • Investasi = Rp 200 ribu

20% dari Rp 2 juta = Rp 400 ribu

  • Asuransi = Rp 100 ribu
  • Hiburan = Rp 100 ribu
  • Biaya tak terduga = Rp 200 ribu

3. Gunakan pembayaran otomatis

Sehingga pembayaran tagihan tidak terlambat, gunakan platform autodebet berasal dari rekening gaji. Ketika lepas jatuh tempo tiba, tagihan akan otomatis dibayarkan.

Menjadi, terhindar berasal dari denda keterlambatan maupun polis asuransi lapse (Tidak berlaku). Pembayaran otomatis juga dapat membantu menanggulangi kesulitan mengatur keuangan selama ini.

4. Senang-senang sesuai bujet

Kecuali lihat contoh di atas, bujet hangout atau hiburan anda dibatasi Rp 100 ribu per bulan. Menjadi, melakukan disesuaikan situasi keuangan yang udah direncanakan.

Jika anggaran hiburan anda telah habis sebelum waktunya, tahan diri. Lebih baik di rumah saja melaksanakan aktivitas menggembirakan tanpa perlu keluar uang.

Oleh karena itu, atur jadwal hangout anda sebaik barangkali. Misalnya menggunakan bujet hiburan semata-mata ketika ingin lihat film yang sangat anda sukai. Atau saat di akhir bulan.

Tak perlu mengikuti gaya hidup teman yang selalu bersenang-suka tiap tiap hari. Makan di restoran, jajan kopi kekinian, atau nonton film bioskop tiap-tiap minggu. Ingat, anda bukan sultan tapi hanyalah karyawan dengan gaji sementara-pasan.

5. Cari penghasilan tambahan

Walaupun masih dapat mencukupi keperluan, apakah anda ingin hidup semata-mata dengan gaji Rp 2 juta konsisten-terusan? Tentu ingin bisa tingkatkan penghasilan.

Caranya, dengan bekerja sampingan untuk meraih pemasukan tambahan. Entah itu jualan online, menjadi driver online, freelance, atau kerja sampingan lain.

Dengan penghasilan tambahan, anda bisa menggunakannya untuk meningkatkan anggaran tabungan, menambah bujet investasi, atau ikut pelatihan yang bisa tingkatkan keterampilan dan keahlian.

Seluruh ini dijalankan untuk masa depan keuangan yang lebih baik. Jika mempunyai keahlian lebih, anda bisa melacak pekerjaan dengan gaji lebih besar.

Melaksanakan pekerjaan sampingan di bidang apapun selepas pulang bekerja atau di hari libur. Supaya tidak akan mengganggu pekerjaan utama.

Belanja Sesuai Rencana dan Anggaran

Gaji Rp 2 juta sebaiknya tidak perlu diambil pusing dikarenakan tips-tips di atas akan membantumu mengatur keuangan, supaya gaji ini lumayan.

Sebaiknya hindari pengeluaran yang berlebih sehingga pos-pos pengeluaran tidak over budget. Bahkan belanja di luar planning dan anggaran. Belajar hidup ekonomis, disiplin, dan komitmen sehingga keuangan tak berantakan.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *