hit tracker Tidak Bisa Download di Play Store? Begini Solusinya.! - techroki.com

Tidak Bisa Download di Play Store? Begini Solusinya.!

techroki.com — Google Play Store merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mendownload atau unduhan beraneka jenis aplikasi lainnya untuk smartphone. Tapi, apakah Kamu pernah mengalami halangan ketika tengah mendownload aplikasi di Play Store? Kenapa tidak bisa unduhan di Play Store?

Unduhan aplikasi di Play Store kemungkinan terkadang tidak berhasil, lama, atau mengalami rintangan lainnya sebab lebih dari satu penyebab. Rintangan itu bisa diatasi dengan beragam cara disesuaikan dengan penyebabnya. Simak info di bawah ini untuk tahu cara mengatasinya dengan tepat!

Kenapa Tidak Bisa Download di Play Store? Ini Penyebabnya!

Daftar Baca Cepat show

Kenapa-Tidak-Bisa-Download-di-Play-Store-Ini-Penyebabnya

Pertumbuhan dunia digital pengaruhi beraneka sektor kehidupan. Kini banyak pihak tidak mau ketinggalan dengan pertumbuhan dunia digital itu. Mereka berlomba-lomba membawa dampak aplikasi yang dapat digunakan untuk beragam kebutuhan.

Hasilnya pasti saja kini banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu beragam aktivitas manusia. Misalnya, pernah ketika lakukan pembayaran harus menggunakan uang tunai. Tapi, kini banyak aplikasi dompet digital yang membawa dampak transaksi pembayaran bisa dikerjakan lebih mudah.

Kamu bisa laksanakan bermacam kesibukan lebih praktis, efektif, dan efisien sebatas dengan menggunakan aplikasi yang ada di smartphone. Tapi, pastinya Kamu harus mendownload atau unduhan aplikasi itu terlebih dahulu lewat Google Play Store.

Unduhan beragam aplikasi menggunakan Google Play Store sangat mudah. Tetapi, terkadang kemungkinan masih ada yang mengalami sebagian rintangan. Misalnya, unduhan tertunda di Play Store, unduhan lama atau lebih-lebih proses unduhan gagal.

Sebenarnya, kenapa tidak bisa unduhan di Play Store? Banyak faktor yang jadi alasan tidak bisa unduhan di Play Store. Berikut Ini lebih dari satu penyebab tidak bisa unduhan di Play Store, yaitu:

  • Koneksi jaringan internet terganggu atau terhambat.
  • Memori penyimpanan smartphone penuh.
  • Data cache terlalu penuh.
  • Terdapat banyak aplikasi tidak berguna dan tidak diperlukan di smartphone.
  • Terdapat pesan error yang masuk ke perangkat. Misalnya, pesan error 491 dan pesan error 403.
  • Pengaturan Google Play Store bermasalah.
  • Smartphone tidak cocok atau support aplikasi yang ingin diunduh.
  • Ponsel mengalami masalah tertentu.
  • Google Play Service mengalami masalah.

Tak sekedar sebagian penyebab tidak bisa instal aplikasi di Play Store di atas, masih banyak penyebab kenapa tidak bisa unduhan di Play Store. Tetapi, Kamu tidak perlu merasa risi berlebihan. Ternyata ada lebih dari satu cara menangani Play Store tidak bisa unduhan.

Cara yang digunakan bisa berbeda-beda tergantung berasal dari penyebab kenapa tidak bisa unduhan di Play Store. Kamu bisa memilih salah satu cara yang diakui paling cocok untuk selesaikan rintangan tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store.

Kenapa tidak bisa download di Play Store? Ini Solusinya untuk Anda!

Sehabis sadar beragam penyebab tidak bisa unduhan di Play Store Android, Kamu juga harus tahu kabar perihal cara untuk menangani rintangan itu. Kemudian, bagaimana cara untuk mengatasinya?

Berikut ini lebih dari satu cara yang bisa dikerjakan untuk menanggulangi penyebab kenapa tidak bisa unduhan di Play Store, yaitu:

1. Periksa Kembali Koneksi Jaringan Internet

Periksa-Kembali-Koneksi-Jaringan-Internet

Mendownload atau unduhan aplikasi di Play Store pastinya membutuhkan koneksi jaringan internet. Ketika koneksi jaringan internet lambat, maka unduhan aplikasi di Play Store lambat atau apalagi bisa gagal.

Oleh karena itu, ketika Kamu mendownload aplikasi di Play Store sebaiknya Kamu memeriksa pernah jaringan internet di smartphone. Pastikan koneksi jaringan internet tengah cepat, agar bisa digunakan untuk mendownload aplikasi dengan cepat.

Jika jaringan internet di area itu memang tengah jelek atau lambat, Kamu bisa berpindah ke lokasi yang bisa terima jaringan internet lebih baik. Jika Kamu miliki dua SIM Card dengan penyedia koneksi internet yang berbeda, maka silakan coba alihkan jaringan internet ke penyedia koneksi internet lainnya.

Pastikan juga Kamu punya kuota internet yang memadai untuk mendownload aplikasi di Google Play Store. Sebenarnya, mendownload aplikasi di Play Store juga bisa dilaksanakan menggunakan jaringan internet berasal dari Wi-Fi atau Hotspot. Tetapi, pastikan jaringan Wi-Fi atau Hotspot yang digunakan juga miliki koneksi internet yang cepat.

2. Periksa Kembali Pengaturan Jaringan di Play Store

Periksa-Kembali-Pengaturan-Jaringan-di-Play-Store

Salah satu penyebab tidak bisa unduhan aplikasi di Play Store adalah kesalahan pada pengaturan jaringan di Google Play Store. Ketika pengaturan jaringan Google Play Store diatur “Over Wi-Fi Only”, maka unduhan aplikasi di Play Store tidak bisa lewat jaringan internet biasa.

Kamu harus menggunakan jaringan Wi-Fi atau Hotspot sehingga bisa mendownload aplikasi di Google Play Store. Lalu, bagaimana cara untuk mengubah pengaturan itu? Kamu bisa mengubah pengaturan jaringan pada Google Play Store.

Tujuannya pasti sehingga unduhan aplikasi di Google Play Store dapat dilaksanakan menggunakan jaringan internet biasa atau koneksi data. Berikut ini cara untuk mengatur jaringan internet pada Google Play Store, yaitu:

  • Buka Google Play Store yang ada di smartphone.
  • Kemudian, buka bagian “Setting” dan Anda bisa langsung memilih “App Download Preference”.
  • Ubah pengaturannya menjadi “Over Any Network” agar download aplikasi di Google Play Store dapat dilakukan menggunakan jaringan apa saja, baik itu jaringan Wi-Fi maupun koneksi data.

Sehabis selesai laksanakan pengaturan jaringan di Google Play Store, silakan langsung mencoba untuk mendownload aplikasi ya! Jangan lupa pastikan jaringan koneksi internet yang digunakan berlangsung dengan lancar.

3. Hapus Aplikasi di Smartphone yang Tidak Digunakan

Hapus-Aplikasi-di-Smartphone-yang-Tidak-Digunakan

Aplikasi yang sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari memang sangat banyak. Tidak heran jika Kamu mendownload banyak aplikasi menarik dan berfungsi di smartphone. Tetapi, punya banyak aplikasi di smartphone bisa mengakibatkan ruang penyimpanan penuh.

Ketika ruang penyimpanan penuh, maka Kamu tidak mempunyai memadai ruang untuk mendownload aplikasi lainnya yang dibutuhkan. Ya. kenapa tidak bisa unduhan di Play Store? Alasan lainnya Google Play Store tidak bisa digunakan untuk mendownload aplikasi adalah ruang penyimpanan yang amat penuh.

Bagaimana solusi untuk mengatasinya? Kamu bisa lagi memilih aplikasi yang masih digunakan dan aplikasi yang sekiranya tidak amat dibutuhkan. Sesudah itu, hapus saja aplikasi yang tidak digunakan sehingga ruang penyimpanan dapat digunakan untuk mendownload aplikasi baru.
Berikut ini cara yang dapat ditunaikan untuk menghapus aplikasi di smartphone, yaitu:

  • Buka bagian “Pengaturan” untuk masuk ke bagian “App Management”.
  • Pilih aplikasi yang akan dihapus. Pastikan aplikasi tersebut sudah tidak dibutuhkan dan digunakan lagi.
  • Setelah itu, langsung saja tekan bagian “Uninstall” agar aplikasi langsung terhapus dari smartphone.

Sehingga dapat unduhan aplikasi di Google Play Store bisa saja Kamu perlu menghapus lebih berasal dari satu aplikasi yang telah tidak digunakan lagi. Jumlah aplikasi yang perlu dihapus tergantung besarnya ukuran aplikasi baru yang ingin diunduh.

4. Hapus Cache Pada Semua Aplikasi

Hapus-Cache-Pada-Semua-Aplikasi

Beberapa besar pengguna smartphone kerap mengabaikan cache yang menumpuk di ponsel mereka. Padahal cache yang dibiarkan menumpuk benar-benar lama dan tidak pernah dihapus bisa jadi penyebab Google Play Store tidak bisa digunakan untuk mendownload aplikasi.

Ya, tentunya sebab cache yang menumpuk bisa membawa dampak memori penyimpanan ponsel jadi penuh dan ponsel bekerja dengan lambat. Hal itulah yang memicu ponsel tidak mempunyai memadai ruang untuk aplikasi baru yang ingin diunduh Google Play Store.

Solusi yang bisa dijalankan adalah langsung menghapus cache yang menumpuk di ponsel. Cache yang dihapus sebaiknya berasal berasal dari seluruh aplikasi yang ada di ponsel supaya ruang penyimpanan ulang ada.

Berikut ini cara yang dapat ditunaikan untuk menghapus cache seluruh aplikasi di ponsel, yaitu:

  • Buka ponsel dan masuk ke bagian “Pengaturan” untuk membuka “Additional Settings”.
  • Kemudian pilihlah bagian “Clean Storage”.
  • Setelah itu Anda bisa menghapus Cache atau file sampah pada semua aplikasi sekaligus.

Cara lainnya untuk menghapus cache semua aplikasi, yaitu:

  • Buka ponsel dan masuk ke bagian “Manajer File” untuk memilih bagian “Bersihkan Memori”.
  • Kemudian pilih “Semua Data Cache Aplikasi” dan beri tanda centang untuk semua aplikasi yang ingin cache-nya dihapus.
  • Kemudian pada bagian bawah klik saja pilihan “Hapus”.

Sebenarnya Kamu bisa menghapus cache satu per satu pada seluruh aplikasi, tapi cara itu tidak cukup efektif. Oleh karena itu, lebih baik langsung menghapus seluruh cache pada seluruh aplikasi yang ada di ponsel sehingga ada ruang penyimpanan memadai untuk mendownload aplikasi baru.
Sesudah seluruh cache aplikasi dihapus, maka Kamu bisa langsung mencoba untuk mendownload aplikasi baru lewat Google Play Store.

5. Menghapus Proxy

Menghapus-Proxy

Penyebab lainnya Play Store tidak bisa digunakan untuk mendownload aplikasi adalah adanya pesan error 491, error 403, dan bermacam pesan error lainnya. Ketika mendapat pesan error, apa yang harus dikerjakan untuk mengatasinya?

Kamu bisa menghapus proxy untuk menangani kasus itu. Berikut ini cara menangani tidak bisa unduhan di Play Store dengan menghapus proxy, yaitu:

  • Buka pengaturan smartphone untuk memilih “Dual SIM & Mobile Network”.
  • Setelah itu, Anda harus membuka pengaturan koneksi di SIM Card yang digunakan, misalnya SIM1.
  • Kemudian pilih nama “Access Point Name” yang Anda gunakan, misalnya “Indosat-SNS”.
  • Setelah itu, Anda bisa langsung menghapus bagian proxy dan port-nya.
  • Selesai menghapus proxy, pastikan untuk memilih “Simpan”.

Sesudah selesai menghapus proxy, maka Kamu bisa lagi mengakses Google Play Store untuk lagi mencoba mendownload aplikasi yang diinginkan.

6. Menambah Kapasitas Penyimpanan

Menambah-Kapasitas-Penyimpanan

Penyebab paling umum suatu ponsel tidak bisa mengunduh aplikasi adalah ruang penyimpanan atau memori penyimpanan yang telah amat penuh. Cara mengatasinya bisa ditunaikan dengan menghapus seluruh cache aplikasi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Tak sekedar itu, Kamu juga bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan atau tidak digunakan lagi dengan cara yang telah dijelaskan sebelumnya. Tetapi, bagaimana jika seluruh aplikasi itu masih sangat diperlukan?

Solusi lainnya yang dapat dikerjakan adalah tingkatkan kapasitas ruang penyimpanan. Kamu bisa mengganti kartu microsd dengan kartu microsd baru yang punyai kapasitas lebih besar. Tapi, jika di ponsel ada dua slot kartu microsd, maka Kamu hanyalah perlu meningkatkan kartu microsd baru.

Pastikan kartu microsd baru yang ditambahkan miliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Tujuannya pasti sehingga ruang penyimpanan di ponsel lebih besar, agar Kamu bisa mendownload lebih banyak aplikasi lewat Google Play Store.

7. Periksa Ketentuan Aplikasi yang Ingin Diunduh

Periksa-Ketentuan-Aplikasi-yang-Ingin-Diunduh

Kenapa tidak bisa unduhan di Play Store? Penyebab lainnya Kamu tidak bisa mendownload aplikasi di smartphone adalah aturan berasal dari aplikasi yang ingin diunduh. Sebagian aplikasi memang miliki spesifikasi spesifik, supaya cuman dapat diunduh pada ponsel dengan spesifikasi tertentu.

Terkadang aplikasi seperti ini tetap bisa diunduh, tapi tidak bisa digunakan pada HP yang memang tidak menolong pemanfaatan aplikasi itu. Berikut ini cara yang dapat dijalankan untuk memastikan apakah aplikasi yang ingin diunduh dapat ada untuk ponsel Kamu atau tidak, yaitu:

  • Buka ponsel dan langsung buka aplikasi Google Play Store.
  • Setelah itu pilih aplikasi yang ingin Anda unduh atau download.
  • Informasi lengkap tentang aplikasi tersebut akan muncul di layar.
  • Kemudian, carilah informasi apakah aplikasi tersebut dapat tersedia untuk perangkat Anda atau tidak.
  • Jika memang aplikasi tersebut tidak tersedia untuk perangkat, maka Anda tidak bisa mengunduh aplikasi itu.

8. Mengatasi Permasalahan yang Ada Pada Google Play Service

Mengatasi-Permasalahan-yang-Ada-Pada-Google-Play-Service

Google Play Service pasti saja berhubungan dengan kinerja Google Play Store. Google Play Service mempunyai faedah untuk otentifikasi ke layanan Google. Tidak cuman itu, Google Play Service juga dapat diuankan untuk memperbarui aplikasi yang terdapat pada Google Play Store.

Permasalahan pada Google Play Service bisa jadi salah satu penyebab Kamu tidak bisa mendownload aplikasi menggunakan Google Play Store. Solusinya pasti saja menangani permasalahan pada Google Play Service.

Berikut ini pedoman untuk menanggulangi persoalan pada Google Play Service, yaitu:

  • Buka ponsel dan langsung masuk ke bagian “Pengaturan”.
  • Setelah itu, Anda bisa langsung memilih bagian “App Management”.
  • Kemudian carilah aplikasi “Google Play Service”. Ketika tidak menemukannya, maka Anda bisa mencoba untuk mencari pada bagian “Show All Apps”.
  • Setelah menemukannya, silakan langsung buka “Google Play Service” dan masuk pada bagian “Storage”.
  • Selanjutnya, silakan pilih bagian “Clear cache” dan juga “Clear data”.

Kamu bisa menggunakan cara itu untuk menyebabkan Google Play Store ulang bisa digunakan untuk mendownload aplikasi. Ketika cara di atas tidak berhasil, maka cobalah untuk menghapus Google Play Service. Sehabis itu, unduh ulang Google Play Service itu.

9. Coba Restart atau Mulai Ulang Perangkat

Coba-Restart-atau-Mulai-Ulang-Perangkat

Solusi lainnya yang dapat dicoba supaya Google Play Store dapat ulang bisa digunakan untuk mendownload aplikasi adalah restart atau memulai kembali perangkat smartphone. Cara untuk restart perangkat ponsel lumayan mudah.

Silakan tekan tombol power lebih dari satu detik. Lantas akan muncul pilihan restart dan shutdown. Kamu bisa memilih pilihan restart untuk memulai lagi perangkat smartphone. Sehabis perangkat lagi aktif, silakan untuk mengakses Google Play Store dan ulang mencoba mendownload atau unduhan aplikasi yang diinginkan.

Ketika Google Play Store masih tidak bisa digunakan untuk mendownload aplikasi, maka Kamu butuh cara lain untuk memperbaikinya. Cara paling akhir yang dapat dijalankan adalah update atau upgrade Google Play Store. Kamu juga bisa menghapus Google Play Store lantas mengunduhnya ulang.

Kenapa tidak bisa unduhan di Play Store? Penyebab Google Play Store tidak bisa digunakan untuk mendownload aplikasi ada banyak. Masing-Masing penyebab itu dapat langsung diatasi dengan cara menangani yang tepat.

Kamu bisa langsung mencoba lebih dari satu cara di atas untuk menanggulangi Google Play Store yang tidak bisa digunakan mendownload aplikasi. Pastikan Kamu menggunakan cara yang tepat disesuaikan dengan penyebabnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *